Learning Cycle
5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
|
Engagement
|
· Guru
memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
· Guru melakukan
demonstrasi mengenai contoh gelombang
transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi
tersebut dengan materi Gelombang Transversal
|
Communication
Komunikasi
terjadi ketika guru memberikan link aplikasi
pHet kepada siswa
Collaborative
Membangun
kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
|
Exploration
|
Siswa
(dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru
dan mencatat hasilnya
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing
siswa membuka link aplikasi pHet
tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical
Thinkink
Proses
Critical Thinkink terjadi ketika
siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data
Creativity
Siswa
dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya:
siswa memodifikasi amplitude gelombang
|
Explanation
|
Siswa
menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication terjadi ketika
masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi
online
|
Elaboration
|
Siswa
mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya:
menjelaskan kejadian pada tetesan air
|
Communication
dan Critical
Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
|
Evaluation
|
Guru
mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
Pertanyaan.
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Model Pembelajaran Learning Cycle?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dari tahap Engagement dari Model Pembelajaran Learning Cycle 5E?
3. jelaskan peran guru dalam Model Pembelajaran Learning Cycle 5E?
4. apa saja tahapan dari Model Pembelajaran Learning Cycle 5E?
5.sebutkan kekurangan dan kelebihan pada Model Pembelajaran Learning Cycle 5E?
-model pembelajaran learning cycle 5E adalah model pembelajaran yg berpusat pd siswa,dengan lebih menekankan keterampilan siswa agar hasil belajar tercapai dengan baik
BalasHapus-peran guru dalam model pembelajaran 5E adalah guru bisa sebagai fasilitator dan stimulator
-kekurangan model 5E diantaranya butuh lebih banyak waktu dan tenaga,harus bisa mengelola kelas dengan lebih terencana.
-kelebiham model 5E adalah dapat meningkatkan motivasi siswa,dan pembelajaran lebih ilmiah dan bermakna
terimakasih kak
Hapus-Model pembelajaran learning cycle 5E adalah model pembelajaran yang berpusat kepada siswa,dengan lebih menekankan keterampilan siswa agar hasil belajar tercapai dengan baik
BalasHapus-peran guru dalam model ini adalah guru bisa sebagai fasilitator dan stimulator bagi siswa
Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
BalasHapus1.Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.
2.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.
3.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.
4.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.
5.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.
Adapun kelemahan model pembelajaran siklus belajar:
1.efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran.
2.menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran.
3.memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi.
4.memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
1. Model pembelajaran yang berpusat pada siswa
BalasHapus2. Tahap engagement adalah tahap pembangkitan minat siswa untuk menuju tahap selanjutnya
3. Guru sebagai fasilitator
4. Engagement, exploration, explanation, elaboration and evaluation
5. Kekurangan: menuntut guru untuk lebih kreatif dalam merancang proses pembelajaran
Kelebihan: melatih siswa untuk menumbuhkan konsep
model pembelajaran learning cycle 5E adalah model pembelajaran yg berpusat pd siswa,dengan lebih menekankan keterampilan siswa agar hasil belajar tercapai dengan baik.
BalasHapusDalam pembelajaran terlebih dahulu Memberikan motivasi untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.
Hapus1. Model pembelajaran yang berpusat kepada siswa
BalasHapus2. Memebrikan motovasi untuk membangkitkan minat siswa
3.peran guru sebagai motifator dan vasilitator
4. Engagement, exploration, explanation, elaboration and evaluation
5. Kelebihan: membantu mengembangkan sikap belajar siswa, pembelajaran jadi lebih bermakna, meningkatkan motivasi belajar siswa
1. Model pembelajaran yang berpusat kepada siswa
BalasHapus2. Memebrikan motovasi untuk membangkitkan minat siswa
3.peran guru sebagai motifator dan vasilitator
4. Engagement, exploration, explanation, elaboration and evaluation
5. Kelebihan: membantu mengembangkan sikap belajar siswa, pembelajaran jadi lebih bermakna, meningkatkan motivasi belajar siswa
2.Engagement (pelibatan/pembangkitan minat)
BalasHapusTahap pelibatan atau pembangkitan minat merupakan kegiatan yang akan memfokuskan perhatian siswa, merangsang pemikirannya, dan mengetahui pengalaman awalnya. Pada tahap ini, guru berusaha membangkitkan, mengembangkan minat dan keingintahuan (curiosity) siswa tentang topik yang akan diajarkan. Hal ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tentang proses faktual dalam kehidupan sehari hari (yang berhubungan dengan topik bahasan). Dengan demikian siswa akan memberikan respon/jawaban, kemudian jawaban siswa tersebut dijadikan pijakan oleh guru untuk mengetahui pengetahuan awal siswa tentang topik bahasan. Kemudian guru perlu melakukan identifikasi ada/tidaknya kesalahan konsep pada siswa. Dalam hal ini guru harus membangun keterkaitan/perikatan antara pengalaman keseharian siswa dengan topik pembelajaran yang akan dibahas. Kegiatan ini selaras dengan bahan ajar terpadu yang memberikan konsep prasyarat sebelum pembahasan konsep utama.
Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
BalasHapusMerangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.
Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
BalasHapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya
Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.
siklus belajar (learning cycle) merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada teori Piaget dan teori pembelajaran kognitif serta aplikasi model pembelajaran konstruktivis. Model ini dikembangkan oleh Robert Karplus dan koleganya dalam rangka memperbaiki kurikulum sains SCIS (Science Curriculum Improvement Study) dengan tahapan-tahapannya: exploration, invention dan discovery, namun kemudian dikembangkan oleh Charles R. Barman dengan tahapan-tahapannya: exploration phase, concept introduction, dan concept application. Selanjutnya model ini kemudian dikembangkan lagi dan dewasa ini lebih dikenal dengan model siklus belajar sains 4-E ( 4-E science learning cycle ), dengan tahapan-tahapan: exploration phase, explanation phase, expansion phase, evaluation phase (Carin 1993:87)
BalasHapus-model pembelajaran learning cycle 5E adalah model pembelajaran yg berpusat pd siswa,dengan lebih menekankan keterampilan siswa agar hasil belajar tercapai dengan baik
BalasHapus-peran guru dalam model pembelajaran 5E adalah guru bisa sebagai fasilitator dan stimulator
-kekurangan model 5E diantaranya butuh lebih banyak waktu dan tenaga,harus bisa mengelola kelas dengan lebih terencana.
-kelebiham model 5E adalah dapat meningkatkan motivasi siswa,dan pembelajaran lebih ilmiah dan bermakna
Apa yang dimaksud collaboration?
BalasHapusmungkin maksud insan adalah fase elaboration( pengembangan)
Hapusyaitu,Siswa mengembangkan konsep dan ketrampilan dalam situasi baru melalui kegiatan-kegiatan seperti praktikum lanjutan dan problem solving.
Model pembelajaran learning cycle 5e salah model yang mempermudah seorang pendidik dalam mengajar, melatih kreativitas anak dalam segi berpikir, berani, berbicara, dan lainnya, seorang guru hanya saja mejadi fasilitator sehingga argumen siswa tetap berlandaskan materi atau teori.
BalasHapusSaya akan menjawab pertanyaan nomor 4,
BalasHapustahapan model learning cycle 5E, yakni:
1. Engagement
2. Exploration
3. Explanation
4. Elaboration
5. Evaluation
assalamualaikum fadhilah.
BalasHapusdari beberapa teori yang saya baca salah satunya Menurut Fajaroh (2008), model pembelajaran learning cycle 5E memiliki beberapa kelebihan, diantaranya:
Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya.Memberikan motivasi kepeda siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan.Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen.Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari.Memberi kesempatan kepada siswa untuk berpikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari.
trimakasih.
Model pembelajaran Learning Cycle 5E adalah suatu model pembelajaran yang berorientasi pada keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran dan terdiri dari beberapa fase yaitu Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration dan Evaluation. Model pembelajaran ini juga menekankan pada pendekatan konstruktivisme yang menekankan pentingnya peserta didik membangun pemahaman mereka lewat keterlibatannya dalam proses pembelajaran dan membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna sehingga peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran.
BalasHapusModel pembelajaran learning cycle 5E adalah model pembelajaran yg berpusat pd siswa,dengan lebih menekankan keterampilan siswa agar hasil belajar tercapai dengan baik.
BalasHapusTahapan pembelajaran pada model learning cycle 5E adalah sebagai berikut:
BalasHapus1. Engagement
2. Exploration
3. Explanation
4. Elaboration
5. Evaluation
Model learning cycle adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa
BalasHapus